Minggu, 02 Oktober 2011

Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia seutuhnya

Gatot Jariono
Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia seutuhnya. Upaya tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani, serta menambahkan nilai-nilai penting dalam rangka pengembangan watak, seperti : disiplin, kerjasama, sportivitas, dan tenggang rasa.
Permainan bolavoli telah berkembang dengan pesatnya, bahkan terlihat indikasi adanya peningkatan prestasi seperti cabang olahraga lainnya di Indonesia. Namun demikian diperoleh kenyataan bahwa prestasi bolavoli ditingkat nasional masih kurang memperlihatkan prestasi yang membanggakan yang dapat mengangkat nama daerah Sulawesi Selatan. Kenyataan ini disebabkan keterampilan dasar pemain bolavoli yang ada di kota Makassar khususnya di Sekolah Dasar masih jauh dari harapan. Untuk dapat mengatasi persoalan ini, maka diperlukan pembinaan yang lebih terarah dan terprogram untuk dapat meningkatkan kemampuan dasar permainan bolavoli khususnya kemampuan passing bawah.

Bila kita perhatikan karakteristik permainan bolavoli yaitu keras dan cepat, sehingga setiap pemain atau pertandingan kedua tim selalu berusaha melakukan tekanan atau serangan pada lawan sekuat dan secepat mungkin untuk segera mematikan atau mematahkan pertahanan lawan,dan sekaligus memperoleh angka. Dengan demikian ada kecenderungan siswa untuk berlatih dengan porsi latihan peningkatan kualitas kondisi fisiknya.
Dalam permainan bolavoli membutuhkan beberapa kemampuan fisik, diantaranya ; koordinasi mata tangan dan kekuatan otot lengan. Kemampuan kondisi fisik tersebut adalah untuk mendukung segala aktivitas yang dibutuhkan dalam permainan bola voli khususnya kemampuan passing bawah.
Koordinasi mata-tangan dibutuhkan saat melakukan passing bawah, yaitu melihat bola yang datang untuk kemudian kedua tangan bersiap untuk melakukan passing,serta kekuatan otot lengan dipergunakan agar supaya bola yang dipassing sampai kepada sasaran yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar