Minggu, 02 Oktober 2011

Hakikat Permainan Bolavoli

Hakikat Permainan Bolavoli
Gatotjariono
Permainan bolavoli merupakan suatu cabang olah raga berbentuk memvoli bola di udara bolak-balik diatas jaring/net, dengan maksud menjatuhkan bola di dalam petak lapangan lawan untuk mencari kemenangan. Memvoli dan memantulkan bola ke udara dapat menggunakan bagian tubuh mana saja, asalkan perkenaannya harus sempurna (tidak ganda/double). Permainan bola voli dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing regu terdiri dari enam orang pemain.Dengan asas gotong-royong, kesenangan, dan kemampuan fisik, permainan bola voli merupakan suatu alat untuk meningkatkan kesegaran jasmani, kesehatan Statis, Dinamis, dan prestasi badi para pemain.Dengan bermain voli akan berkembang unsur-unsur daya fikir, kemampuan, dan perasaan. Disamping itu, kepribadian berkembang dengan baik termasuk self control, disiplin, rasa kerja sama, dan rasa tanggung jawab terhadap apa yang diperbuatnya.Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895.
Dia adalah seorang pembina pendidkan jasmani pada organisasi Young Men’s Christian Association (YMCA) dikota Massachusetts, Amerika Serikat. Pada mulanya permainan bola voli diberi nama mintonette, dimana permainannya hampir sama dengan permainan badminton. Kemudian permainan ini diubah menjadi volleyball, yang artinya memvoli bola secara bergantian. Pada tahun 1892, YMCA berhasil mengadakan pertandingan kejuaraan nasional bola voli di Amerika Serikat. Pada tahun 1947, untuk pertama kalinya permainan bola voli dipertandingkan di Polandia. Pada tahun 1948 dibentuk organisasi bola voli dunia dengan nama IVBF (International Volley Ball Federation) dengan beranggotakan 15 negara dan berpusat di Paris.( Shandie 2011 ).Http;// Shandie.blogdetik com.Pengertian bola voli.diaskes pada tanggal 15 Februari 2011.
Olahraga permainan bolavoli merupakan olahraga permainan yang di masukkan dalam kurikulum sekolah dasar (SD). Untuk itu sesuai dengan kedudukan dan fungsi pendidikan jasmani dalam konteks pendidikan secara keseluruhan, maka kedudukan dan fungsi permainan bolavoli dalam pendidikan jasmani adalah sebagai alat atau sarana pendidikan.
Prinsip permainan bolavoli adalah menjaga bola agar jangan sampai bola menyentuh lantai atau lapangan dan berusaha menyebrangkan bola ke regu lawan melalui atas net dan berusaha menjatuhkan bola di lapangan lawan atau mematikan bol di lapangan lawan (Guruolahragaku, 2011). Guruolahragaku 2011.Http//guruolahragaku.blogspot.com.materi pembelajaran.Html.Diaskes pada tanggal 15 Februari 2011
Peraturan dasar yang di gunakan adalah bola harus di pantulkan oleh tangan, lengan, atau bagian depan badan dari anggota badan. Bola harus di seberangkan ke lapangan lawan melalui bawah net.
Seiring dengan perkembangan tujuan permainan bolavoli, dan saling berintraksi dari masing-masing tujuan orang berpasangan bolavoli, maka cara-cara dan teknik-teknik berpasanganpun semakin berkembang, begitu pula peraturan-peraturan permainan yang mengikatnya. Cara-cara memainkan bola dari mulai hanya dengan cara memantul-mantulkan bola, sampai ditemukan berbagai teknik berpasangan yang dianggap paling efektif untuk memenangkan pertandingan. Begitu pula jumlah orang yang berpasangan, ukuran lapangan permainan, cara-cara memenangkan permainan, sampai pada perlengkapan pemainnya.
1.1. Teknik dasar permainan bolavoli
Dalam permainan bolavoli ada beberapa bentuk penguasaan teknik-teknik dasar yang harus di kuasai. Tehnik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal.Tujuan permainan bola voli adalah memperagalkan tehnik dan taktik memainakan bola di lapangan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.Penguasaan teknik-teknik dasar dalam permainan bolavoli (Widoni Santoso 2011)Htp;//yodoni,blogspot.com bola voli-kls-x-semister-semester-1.19-html.Diaskes pada tanggal 15 februari 2011.
terdiri bawah : service, passing, block, dan smash. Semua teknik dasar pada permainan bolavoli harus di kuasai oleh pemain baik pemain ber tipe menyerang ataupun pemain ber tipe bertahan karena sangat menentukan dalam sebuah pertandingan.
a. Service
Servis adalah sentuhan pertama dengan bola.mula-mula servis ini hanya diangap sebagai pukulan permulaan saja,cara melempar bola untuk memulai permainan. Tetapi servis ini kemudian berkembang menjadi suatu senjata ampuh untuk menyerang.jadi,tehnik dasar ini tak boleh kita abaikan,dan harus kita latih dengan baik terus menerus.Servis yang baik,sangat mempengaruhi seluruh jalannya pertandingan.tapi ini lebih menonjol pada pertandingan tingkat tinggi di bandingkan dengan servis pada tingkatan yang lebih rendah. Menurut Dieter Beutelstahl (2011: 8) ada beberapa jenis servis antara lain: under-arm service atau (servis lengan bawah), hook service (servis kait), floating service atau servis melayang dari sisi depan. Servis adalah konsistensi dalam menyebrangkan bola mendekati seratus persen setiap kali melakukan. Namun di sini penulis akan meneliti tentang passing bawah, karena passing bawah ini merupakan teknik dasar yang selalu digunakan pada permainan bolavoli.
-. Passing pada permainan bolavoli
Passing adalah mengoperkan bola kepada teman sendiri dalam satu regu dengan suatu tehnik tertentu,sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan ( M.Yunus, 1992:79 ). Dalam permainan bolavoli dikenal dua bentuk passing bola yaitu passing bawah atau mendorong bola ke bawah dari depan bawah tubuh, dan passing bawah yaitu mendorong bola ke bawah dari bawah depan tubuh.
-. Passing bawah
Cara melakukan teknik passing bawah adalah kedua lutut ditekuk dengan badan sedikit dibongkotkan kedepan,berat badan menumput pada telapak kaki bagian depan untuk mendapatkan suatu keseimbangan labil agar dapat lebih mudah dan lebih cepat bergerak kesegala arah.kedua tangan saling berpengangan yaitu ; punggung tangan kanan diletakkan diatas telapak tangan kiri kemudian saling berpengangan.
-. Passing bawah
Elemen dasar dari pelaksanaan ayunkan kedua lengan kearah bola,dengan sumbu gerak pada persendian bahu dan siku betul-betul dalam keadaan lurus.perkenaan bola pada bagian prosimal dari lengan,diatas dari pergelangan tangan dan pada waktu lengan membentuk sudut sekitar 45 derajat dengan badan,lengan diayunkan dan diangkat hampir lurus.setelah ayunan lengan mengenai bola,kaki belakan melangkah ke depan untuk mengambil posisi siap kembali dan ayunan lengan untuk passing bawah ke depan tidak melebihi sudut 90 derajat dengan bahu/badan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar